Agen Sabung Ayam

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bersama dengan PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengadakan konvensi Quality Control Circle (QCC) atau Gugus Kendali Mutu di Jakarta, Sabtu (12-12-2015).

Acara ini merupakan puncak perayaan 25 tahun konvensi QCC yang diadakan oleh Toyota Indonesia. QCC adalah sebuah grup kecil yang terdiri dari karyawan pekerja langsung untuk melakukan pengendalian dan perbaikan dari mutu kerja, produk, dan jasa.

Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami menjelaskan dengan adanya pelaksanaan QCC menjadi wadah untuk menciptakan pribadi yang mampu bersaing di era persaingan dan global di dunia.

“Salah satu program yang kami andalkan adalah pelaksanaan QCC yang mampu menjadi wahana dalam menciptakan pribadi yang berjiwa inovatif sehingga mampu bersaing di era persaingan regional dan global di dunia,” ujar Masahiro Nonami.

QCC mulai dilaksanakan di lingkungan Toyota Motor Coorporation (TMC) Jepang sejak 1964. Di Indonesia, QCC mulai digulirkan sejak 1989 dan dikemas dalam bentuk konvensi sejak 1990.

Toyota menilai peran karyawan tak pernah lepas dari perjalanan Toyota hingga menjadi perusahaan otomotif terbaik dan terkenal di Indonesia dan dunia. Begitu pentingnya karyawan sebagai aset Toyota di dunia, tiap karyawan pun diberi kebebasan untuk memberikan ide atau masukan bagi kemajuan perusahaan.

‘We make people before we make product’, nampaknya tak hanya jadi sekedar slogan untuk Toyota. Begitu pentingnya peran karyawan membuat Toyota mengapresiasi tiap ide dan masukan yang diberikan oleh karyawan. Ide-ide cemerlang tersebut memiliki dampak bagi lingkungan kerja karyawan dan bermuara pada kualitas produk yang dihasilkan oleh produsen mobil asal Jepang ini.

Dengan dilaksanakannya QCC, karyawan di berbagai divisi memberikan ide berdasarkan temuan permasalahan di lingkungan kerja mereka.

Ide para karyawan dari tiap divisi itu dikompetisikan dan diberikan apresiasi dalam QCC Convention. Ide cemerlang yang berhasil terpilih dan menjadi juara akan langsung diterapkan di masing-masing divisi mereka.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono menambahkan dengan diadakannya QCC dapat memupuk kerja sama antar karyawan dan atasan dari tiap divisi. Hal tersebut diharapkan membuat Toyota Indonesia siap menghadapi semua tantangan dan kompetisi di industri otomotif di dunia.

“Aktivitas ini (QCC) akan meningkatkan sebuah kapabilitas individual untuk semua member dan di saat yang sama memupuk semangat kerjasama tiap divisi yang kuat sehingga tercipta lah super-team yang akan membawa Toyota Indonesia siap menghadapi tantangan-tantangan dan kompetisi industri otomotif baik di pasar domestik maupun di pasar ekspor,” ujar Warih.