Mengintip Ritual Malam Satu Suro di Pantai Ancol

malam 1 suro

Ritual tengah malam 1 Suro tidak cuma ada di daerah tertentu saja. Tetapi di Jakarta serta ada ritual bersih-bersih itu. Tempatnya di kawasan pantai di Ancol, Jakarta Utara.

Rutinitas tengah malam 1 Suro ini adalah bersih diri di tengah malam thn baru Islam. Di sebanyak daerah di Jawa Tengah kerap dinamakan juga sebagai tengah malam 1 Suro.

KAmi kepada Selasa (13/10) tengah malam pernah menyambangi kawasan pantai di Ancol. Tempat yg biasa dimanfaatkan buat etika ritual tengah malam satu Suro yaitu di ruang bernama beach pool.

Area tersebut disebut dgn kolam pantai, sebab di dalam pantai terdapat jembatan setengah lingkaran yg mengelilingi pantai & seakan-akan menciptakan daerah pantai tersebut, menyerupai satu buah kolam. Tengah Malam itu lebih kurang pukul 20.00 WIB, cuma nampak orang-orang saja yg mandi di pantai & itu pula cuma anak-anak mungil yg berenang di pinggir pantai.

Suasana pantai benar-benar cerah kepada tengah malam itu. Bisa Jadi lantaran masihlah masuk di bln kemarau, walau sekian banyak dikala dulu pernah turun hujan di sekian banyak wilayah di Jakarta.

Kurang Lebih pukul 21.00 WIB, telah kelihatan tanda sebanyak orang yg lakukan ritual tengah malam 1 Suro di area. Sekian Banyak orang telah ada yg menyalakan dupa. Tidak Sedikit serta yg sejak mulai berdatangan. kami selanjutnya menyewa tikar seharga Rupiah 20 ribu, guna menonton para peziarah lakukan bersih-bersih.

Makin larut ribuan orang berdatangan & memadati Beach Pool Ancol. Pantai yg tadinya tetap sepi mulai sejak padat oleh beberapa orang dgn aktivitasnya masing-masing. Biasanya dari visitor sengaja datang buat mencari ruang keramaian yg bertepatan dgn tengah malam 1 Suro tersebut.

Ada yg dari Bekasi, Kemayoran, Tangerang, & serta mereka yg rumahnya ada dari seputar Pantai Ancol. Rupa-rupa maksud mereka, ada yg memang lah bersih diri & ada pula yg ikut-ikutan temannya. Benar-benar kebiasaan bersih diri ini rata-rata dilakukan di pantai.

“Saya sama anak-anak ikut suami mancing kesini tetapi kelak ya ikut-ikutan saja mandi di pantai. Soalnya, umumnya orang kan seandainya tengah malam beginian (1 Suro) kebanyakan mandi berendam disini,” papar Amel visitor dari Bekasi.

Ritual tengah malam itu ada yg membakar dupa, ada yg menaburkan bunga tujuh rupa di pantai. Proses ini dilakukan di sepanjang Pantai Ancol & yg paling ramai merupakan di Beach Pool Ancol.

“Ritual tengah malam 1 Suro rata rata ya di Beach Pool ini & lainnya ada di pantai dekat bersama kuburan Belanda, lokasinya di Pantai Ancol sektor timur & yg terakhir ada di pantai barat Ancol. Sebab mitos yg beredar di Jakarta & sekitarnya merupakan proses ritual tengah malam 1 Suro rata rata berendam di laut utk bersih diri atau membasuh pusakanya,” papar Ahmad, penjaga Beach Pool di tempat.

Tidak sedikit serta visitor yg jalankan ritual ini yaitu wanita jelita. Konon jelasnya mereka ini wanita penghibur di Jakarta. yg dibuang celana dalam & bra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *