Polda Metro Bongkar Pabrik Obat Palsu

Polda Metro Jaya mengeskpos obat palsu yang berhasil disita (foto: Regina-Okezone)

Maraknya obat-obatan palsu yang beredar di masyarakat membuat polisi gencar memburu pelaku yang nekat menjual obat tanpa izin edar. Hasilnya, Polda Metro Jaya berhasil menggerebek pabrik peredaran obat ilegal tersebut.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mujiyono mengatakan, sebanyak dua kontainer dan 25 jenis obat berhasil disita penyidik Ditkrimsus Polda Metro Jaya.

“Satu tersangka sudah kita amankan, inisialnya RY. Dia merupakan pemilik pabrik, ada banyak karyawan yang dia punya tapi saat ini masih kita periksa sebagai saksi,” kata Mujiyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/11/2015).

Dikatakan Mujiyono, RY dengan sengaja memperdagangkan dan mengedarkan persediaan obat-obatan tradisional sejak Mei 2015. Bermacam jenis obat dijual oleh RY, mulai dari obat kuat hingga obat gosok.

Nahasnya, obat tidak layak edar ini telah dijual dalam skala besar, bukan berbentuk eceran ataupun grosir.

“Ini sangat merugikan masyarakat yang mengkonsumsi. Terlebih karena obat palsu tersebut dijualnya ke distributor,” imbuhnya.

Atas tindakannya, RY dijerat dengan UU Kesehatan pada Pasal 197 dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp1,5 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *